Laman

Senin, 18 Januari 2016

Kalimat Nomina dan Kalimat Verba

Menurut predikatnya, kalimat dibedakan menjadi dua macam yaitu kalimat Nomina dan kalimat Verba.

A. Kalimat Nomina 
Pengertian Kalimat Nomina
Kalimat nomina adalah kalimat yang predikatnya bukan kata kerja, atau kalimat yang terdiri dari subjek - pelengkap (kata benda, kata sifat, kata bilangan, kata ganti atau kata keterangan).

Contoh kalimat nomina :
My mother is a doctor.
They are students.
I am a girl.
She is happy.


Happy berarti bahagia, dan bahagia bukan kata kerja berbeda dengan membahagiakan. Karena happy bukan kata kerja maka sesudah She sebelum happy (diantara subjek dan pelengkap) ditambah be, yang bentuknya berupa is, am, are untuk present, was, were untuk past dan been untuk past participle.

Pelengkap kalimat nomina dapat berupa noun (kata benda), adjective (kata sifat), dan adverb (keterangan). Sebagai contoh :
I am a student. (student = noun)
Lexi is healthy. (healthy = adjective)
They are in the class (in the class = adverb)

B. Kalimat Verba
Pengertian Kalimat Verba
Kalimat verba adalah kalimat yang predikatnya berupa kata kerja. Subjek melakukan pekerjaan atau aktivitas. Serta bisa ditambahkan objek, keterangan tempat atau keterangan waktu

Contoh kalimat verba :
I study in the class. (Saya belajar di kelas)

Study (belajar) adalah kata kerja. Kata tersebut menunjukkan adanya kegiatan atau aktivitas dari subjek. In the class (di kelas) adalah keterangan tempat di mana Saya belajar.
Kalimat 'I am in the class' berbeda dengan kalimat 'I am study in the class' meskipun keduanya ada keterangan tempat 'in the class'. Kalimat 'I am in the class' tidak menunjukkan adanya aktivitas atau kegiatan dari subjek melainkan hanya memberikan informasi tentang keberadaan. Sedangkan 'I am study in the class' menunjukkan adanya aktivitas atau kegiatan dari subjek dengan kata kerjanya 'study'. Oleh karena itu 'I am study in the class' adalah kalimat Verba.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar